Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah Bagi Pemula – Tanaman hias Kuping Gajah adalah salah satu jenis tanaman yang masuk dalam spesies bunga anthurium dengan nama latin Anthurium Crystallinum. Di Indonesia, tanaman kuping gajah sangat sering dijadikan bunga hias yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat dan sudah banyak sekali yang meletakkan tanaman hias ini di area rumah pecinta tumbuhan hias.

Bentuk tangkai kuping gajah ini sangat ramping serta memiliki daun yang menyerupai bentuk kuping hewan gajah dengan corak warna pada permukaan daun yang menambah kecantikan tanaman kuping gajah.

Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah Bagi Pemula

Pembibitan Tanaman Kuping Gajah

Cara pembibitan bunga kuping gajah yaitu dengan cara pemisahan rumpun yang dilakukan menggunakan pisau tajam. Tapi harus hati-hati, jangan sampai merusak bagian akar, batang, dan daunnya. Setelah itu, sebelum ditanam simpan bibit pada tempat lembab dan basah.

Penanaman Tanaman Kuping Gajah

Jika bibit sudah siap, selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, tanam bibit dalam media tanam dengan hati-hati. Padatkan tanah disekitarnya agar bibit tidak mudah roboh, setelah itu lakukan penyiraman agar bibit segar dan bisa tumbuh dengan baik.

Perawatan Tanaman Kuping

Lakukan penyiram secara berkala secukupnya saja. Lakukan juga penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada dalam pot jika diperlukan saja. Selain itu, lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang/pupuk kompos secukupnya minimal pemupukan ini dilakukan 1-1,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post