Panduan Cara Membedakan Belut Jantan dan Betina Bagi Pemula Yang Efektif

Posted on

Panduan Cara Membedakan Belut Jantan dan Betina Bagi Pemula Yang EfektifBelut adalah salah satu binatang air yang digolongkan dalam kelompok ikan, tapi yang membedakan dengan jenis ikan lain yaitu belut bisa hidup di lumpur dengan sedikit air. Hal tersebut karena belut memiliki dua sistem pernapasan.

Ada dua jenis belut yang banyak dikenal di Indonesia yaitu belut sawah (Monopterus albus) dan belut rawa (Synbranchus bengalensis). Perbedaan belut sawah dan belut rawa yang paling mencolok yaitu belut sawah memiliki tubuh yang pendek dan gemuk sedangkan belut rawa memiliki tubuh yang lebih anjang dan ramping.

Baca Juga : Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Banyak orang yang menyukai belut untuk dijadikan masakan seperti sambal belut, belut goreng atau yang lainnya. Harga belut terbilang relatif mahal yaitu sekitar 60-95 ribu/kg bahkan bisa lebih. Melihat peluang usaha yang cukup menjanjikan tersebut, banyak orang melakukan budidaya belut ini. Ada dua segmen dalam usaha budidaya belut ini yakni pembibitan belut dan pembesaran belut, pembibitan bertujuan untuk menghasilkan anakan dan pembesaran bertujuan menghasilkan belut ukuran siap konsumsi.

Namun tidak semua orang dapat membedakan belut jantan dan betina, nah kali ini kita akan membahas tentang cara membedakan belut jantan dan betina bagi pemula sebelum membudidayakannya secara lengkap.

Cara Membedakan Belut Jantan dan Betina Bagi Pemula

Untuk dapat membedakan belut jantan dan belut betina dapat dilihat dari ciri fisiknya, berikut ini ciri fisik yang dapat dilihat untuk mengetahui jenis kelamin belut:

Ukur Panjangnya

Meski agak sulit, mengukur panjang belut bisa digunakan untuk menentukan jenis kelamin belut. Bisa mencoba mengukur belut yang sudah mati karena disembelih agar lebih mudah. Ciri-ciri yang akan ditemukan yaitu belut jantan memiliki panjang tubuh sekitar 40-50 cm dan belut betina memiliki panjang tubuh sekitar 20-30 cm.

Baca Juga : Budidaya Belut Dalam Drum

Membandingkan Bagian Kepalanya

Biasanya belut jantan akan mempunyai bentuk kepala lebih tumpul, sedangkan untuk belut betina akan mempunyai bentuk kepala lebih runcing.

Lihat dari Sisi Kelenjar

Untuk menentukan jenis kelamin belut bisa dengan melihat bagian kelenjar gonad atau kelenjar biak. Belut jantan akan memiliki kelenjar gonad atau kelenjar biak yang berbentuk pipih. Sedangkan belut betina memiliki kelenjar gonad atau kelenjar biak yang menonjol.

Warna Tubuh

Mungkin bagi kalian, warna semua belut sama yaitu hitam tapi jika lebih diperhatikan ada juga belut yang berwarna kecokelatan hingga kehijauan. Belut jantan memiliki warna tubuh kecokelatan sedangkan belut betina memiliki warna tubuh sedikit kehijauan.

Perhatikan Warna Sisi Perut

Perut belut jantan berwarna lebih kekuningan sedangkan perut belut betina berwarna kuning kepucatan.

Baca Juga : Cara Memijahkan Belut

Bentuk Tubuh

Umumnya ukuran tubuh belut jantan lebih besar atau bisa dibilang lebih gemuk, sedangkan belut betina memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang kecil dan terkesan ramping.

Kelincahan Belut

Biasanya belut jantan lebih lincah dibandingkan belut betina, namun cara ini tidak bisa dijadikan pedoman untuk membedakan belut jantan dan belut betina karena dalam beberapa kondisi, belut betina lebih gesit dibandingkan belut jantan.

Bentuk Tengkuk

Belut jantan memiliki tengkuk atau bentuk kepala yang lebih besar, sebaliknya belut betina memiliki tengkuk atau bentuk kepala lebih kecil dibandingkan belut jantan.

Demikian pembahasan tentang cara membedakan jenis kelamin belut, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa