Panduan Lengkap Cara Tanam Padi Sembada 989 Hingga Panen Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Tanam Padi Sembada 989 Hingga Panen Bagi Pemula – Padi Sembada 989 adalah salah satu jenis padi hibrida, padi sembada adalah salah satu jenis varietas padi unggulan yang tahan terhadap hama serta penyakit. Jenis padi sembada juga memiliki ketahanan terhadap cuaca tapi akan lebih baik jika ditanam saat cuaca tidak hujan atau saat curah hujan sedikit.

Baca Juga : Padi Sembada 626

Cara Tanam Padi Sembada 989 Hingga Panen Bagi Pemula

Pengolahan Lahan Tanam Padi Sembada 989

Lakukan pengolahan lahan tanam 2 minggu sebelum masa tanam padi tiba. Pertama, bersihkan saluran air pada sawah dan pastikan tidak ada sampah ataupun tumbuhan yang menyumbat aliran air. Selain itu, bersihkan sawah dari sisa batang maupun akar padi dan pastikan sawah bersih dari rerumputan liar pada sawah dan kumpulkan di sudut sawah lalu bakar hingga menjadi abu.

Selanjutnya, aliri sawah dengan air hingga tanah sedikit berlumpur lalu lakukan pembajakan hingga kedalaman 30 cm dari permukaan tanah sebanyak 3 kali. Ukur pH tanah, pastikan pH tidak di bawah 5. Jika pH di bawah 5 maka lakukan pengapuran sembari membajak sawah.

Setelah dibajak dan memiliki tekstur berlumpur dan berlempung, lakukan pemupukan awal menggunakan pupuk kandang matang dan sedikit urea dengan perbandingan 2 : 1.

Baca Juga : Cara Menanam Padi IPB 3S

Kemudian, lakukan pengairan kembali hingga ketinggian 10 cm dengan menggunakan sistem irigasi sehingga memudahkan mengairi sawah. Biarkan sawah terendam dan mengendap hingga 2 minggu sebelum masa tanam.

Persiapan Bibit Padi Sembada 989

Siapkan lahan semai terlebih dahulu selama seminggu sebelum semai. Setelah benih padi Sembada 989 unggulan siap, lakukan perendaman benih padi sembada 989 dalam air selama 2 jam terlebih dahulu untuk memisahkan benih yang tidak layak tanam.

Kemudian, rendam benih padi selama 2 hari hingga terlihat sedikit akar atau tunas pada benih padi Sembada 989. Jika sudah, sebarkan benih padi yang sudah bertunas pada lahan semai dan biarkan benih hingga tumbuh menjadi bibit padi siap tanam dengan ciri memiliki rumpun berdaun sekitar 5-7 helai.

Baca Juga : Cara Menanam Padi Ciberes

Sembari menunggu bibit siap untuk dipindahkan, bisa dilakukan perawatan seperti menjaga kebersihan lahan tanam bibit dan melakukan pemupukan sekali.

Cara Tanam Padi Sembada 989

Jika sudah masuk masa tanam, buat garis petakan-petakan pada sawah sebagai garis bantu untuk menemukan titik tanam yang tepat. Setelah itu, pisahkan terlebih dahulu bibit padi pada lahan semai dan tancapkan pada titik tanam di tiap-tiap sudut petakan yang sudah disiapkan. Pada setiap titik tanam, buat jarak 25 cm x 25 cm dan tancapkan sebanyak 3-5 bibit padi Sembada 989 dengan posisi akar tanaman membentuk huruf “L”. Pastikan penanaman bibit padi pada lahan tanam saat sawah dalam kondisi air mancak-mancak.

Baca Juga : Cara Menanam Padi Cigeulis

Perawatan Tanaman Padi Sembada 989

Perhatikan kebersihan sawah dan lakukan penyiangan setiap 3 minggu sekali diawali pada 3 minggu pertama. Sembari melakukan penyiangan, lakukan pemupukan dengan menggunakan berbagai jenis pupuk kombinasi seperti pupuk kandang, pupuk urea, KCL, dan NPK. Pada setiap tahap, gunakan maksimal 2 jenis pupuk yang dikombinasikan dengan pupuk wajib berupa pupuk urea. Hentikan pemupukan lanjutan ketika padi mulai menguning dan hentikan pengairan serta kuras air pada sawah hingga air benar-benar mengering pada 2 minggu sebelum panen.

Baca Juga : Cara Menanam Padi Cibogo

Lakukan juga penyemprotan pestisida pada tanaman padi secara rutin setiap 2 minggu sekali dengan dosis kecil untuk menjaga agar padi terhindar dari hama serangga

Masa Panen Padi Sembada 989

Pemanenan padi sembada dapat dilakukan pada 110 hari setelah tanam.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya padi sembada 989 hingga panen, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa