Ciri-Ciri Komodo dan Pengetahuannya Sebagai Satwa Nasional

Posted on

Ciri-Ciri Komodo dan Pengetahuannya – Komodo atau sering disebut dengan biawak komodo dalam bahasa latin disebut dengan (Varanus Komodoensis) merupakan spesies kadal terbesar yang hidup endemik di Indonesia khususnya di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Pada penduduk asli pulau komodo hewan biawak jenis ini sering disebut dengan nama ORA.

Komodo termasuk dalam anggota famili biawak Varanidae dan klad Toxicofera. Komodo merupakan kadal terbesar yang ada di dunia, dengan rata-rata memiliki panjang 2-3 meter. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

komodo langka

Menurut keputusan Presiden Republik Indonesia nomon 4 tahun 1993 tentang satwa dan bunga nasional, Komodo ditetapkan sebagai satwa nasional yang diharapkan dapat berfungsi sebagai identitas nasional yang mampu menumbuhakan semangat nasionalisme dan kebanggaan nasional bagi setiap warga Indonesia di pergaulan Internasional. Biawak komodo merupakan satwa darat yang sudah sangat populer diIndonesia bahkan di mancanegara. Satu hal yang cukup membanggakan bahwa secara alami satwa ini hanya hidup di Indonesia, sehingga seringkali biawak komodo diidentikkan dengan Indonesia.

Klasifikasi Komodo

Filum : Chordata
Anak filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Bangsa : Squamata
Abak bangsa : Sauria
Suku : Varanidae
Marga : Varanus
Jenis : Varanus komodoensis

Ciri-Ciri Komodo

  • Komodo memiliki ukuran tubuh besar, ukuran dewasa memuliki ukuran tubuh 2-3meter
  • Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya
  • Komodo memiliki sekitar 60 buah gigi bergerigi tajam sengan panjang sekitar 2,5 cm yang kerap ganti
  • Air liur komodo seringkali bercampur dengan dengan darag karena giginya hampir seluruhnya dilapisi dengan jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan.
  • Komodo memiliki lidah panjang berwarna kuning dan bercabang
  • Komodo jantan memiliki ukuran lebih besar dari komodo betina
  • Komodo jantang memiliki warrna kulit abu-abu gelap sampai merah batu bata.
  • komodo betina memiliki warna hijau buah zaitun dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya.
  • Pada komodo muda memiliki warna yang lebih berwarna sperti warna kuning, hijau dan putih .

Habitat komodo di alam liar hanya dapat kita temui di lima pulau di Indonesia, yaitu Kepulauan Komodo, Rinca, Gili Montang dan Gili Dasami. Dari smeua pulau tersebut berada dalam Taman Nasional Komodo di pulau Komodo, di mana komodo dapat menjelajah bebas pada pulau pulau tersebut. Habibat komodo dapat hidup di hutan tropis kering, sabana sampai sebuah hutan musim gugur. Komodo menyukai tempat yang memiliki suhu panas yang ekstrim. Komodo mampu tinggal disekitar suhu 95 derajat Fahrenheit (35 derajat Celcius) dengan 70% kelembabab di pulau Indonesia.

Komodo merupakan hewan karnovivora yang berarti mereka pemakan daging. Mereka merupakan pemburu yang handal dan dapat memangsa buruan yang sangat besar, seperti kerbau, sapi, rusa, bahkan manusia. Mereka mampu memangsa sekitar 80% dari berat badan mereka dalam satu kali makan.

Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam, Daftar Merah Spesies yang Terancam, komodo tidak terancam, tetapi dianggap rentan. The World Foundation Animal memperkirakan jumlah Komodo di alam liar sekitar 6.000. Populasi ini dibagi antara pulau-pulau, antara lain 1.700 di pulau Komodo, 1.300 di pulau Rinca, 100 di Gili Motang dan sekitar 2.000 di Flores. Mereka dilindungi dalam Taman Nasional Komodo.

Demikian informasi yang diberikan mengenai Komodo sebagai Satwa Nasional Indonesia. Semoga bermanfaat.