bangau Yellow-billed Stork (Mycteria ibis)

Bangau – Klasifikasi dan Penjelasan Tentang Jenis-Jenis Burung Bangau

Posted on

Penjelasan Tentang Klasifikasi dan Jenis-Jenis Burung Bangau

Hai sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Burung Bangau, untuk lebih jelasnya mari ikuti penjelasan di bawah ini.

Bangau adalah jenis burung dari famili Ciconiidae. bangau memiliki badan yang cukup besar, memiliki kaki dan leher panjang serta memiliki paruh yang kuat,besar dan tebal. sayap pada burung bangau memiliki sayap yang lebar jika di rentangkan. Bangau tidak bersuara karena tidak memiliki organ suara syrinx, jadi jika berkomunikasi dengan pasangan maka bangau akan mengadu paruhnya. makanan utama bangau adalah katak,burung kecil, ikan, cacing, serta mamalia kecil di pantai dan lahan basah.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Upakelas: Neornithes
Infrakelas: Neognathae
Superordo: Neoaves
Ordo: Ciconiiformes
Famili: Ciconiidae
Genus :
Anastomus
Ciconia
Ephippiorhynchus
Jabiru
Leptoptilos
Mycteria

Berikut Spesies dari Family Ciconiidae:

Genus Mycteria

  • Bangau Bluwok atau Wilwo (Mycteria cinerea)

bangau Bluwok atau Wilwo (Mycteria cinerea)
Bangau Bluwok adalah jenis burung bangau yang bisa dijumpai di sungai,perairan dangkal,rawa ,sawah berlumpur, dan pantai pasir dengan memiliki ciri-ciri : memiliki panjang tubuh sekitar 110 cm, memiliki paruh yang panjang dan besar, memiliki warna tubuh dominan putih dengan terdapat bercak berwarna hitam di sayap primer dan memiliki muka berwarna merah muda serta memiliki kaki berwarna merah muda yang panjang. Bangau jenis ini Jarang bersuara tapi biasanya hanya berupa gerangan rendah atau suara katupan paruh. Burung bangau jenis ini hidup secara berkelompok.

  • Yellow-billed Stork (Mycteria ibis)
    bangau Yellow-billed Stork (Mycteria ibis)
    Yellow-billed Stork (Mycteria ibis) adalah jenis burung bangau yang banyak tersebar di daerah sahara selatan, Afrika dan juga Madagaskar.
  • Painted Stork ( Mycteria leucocephala)
    bangau Painted Stork ( Mycteria leucocephala)
    Painted Stork ( Mycteria leucocephala) adalah jeis bangau yang banyak ditemukan di lahan basah di dataran tpopis asia selatan seperti india dan Asia tenggara. burung ini sering hidup berkolini diatas pohon. bangau ini memiliki ciri-ciri: memiliki paruh yang besar dan melengkung pada bagian ujung bawah, memiliki kaki panjang berwarna merah muda. bagian muka burung dewasa berwarna oranye atau kemerah-merahan, bulu pada ekor dan leher berwarna putih dengan corak pink sedangkan bulu pada bagian sayap memiliki warna putih dengan corak hitam.
  • Wood Stork (Mycteria americana)
    bangau Wood Stork (Mycteria americana)
    Wood Stork (Mycteria americana) atau bangau kayu adalah jenis burung bangau yang banyak ditemukan amerika,dengan memiliki ciri-ciri: memiliki badan besar dengan bulu berwarna putih, pada bagian kepala berwarna hitam tanpa bulu,dengan paruh berwarna kuning kecoklatan.

Genus Anastomus

  • Asian Openbill Stork (Anastomus oscitans)
    bangau Asian Openbill Stork (Anastomus oscitans)
    Asian Openbill Stork (Anastomus oscitans) adalah jenis burung bangau yang besarasal dari anak benua india dan asia tenggara. Bangau ini memiliki paruh yang agak terbuka karena paruh pada bagian bawah melengkung keatas, bulunya berwarna keabuan atau putih dengan sayap dan ekor berwarna hitam mengkilap.
  • African Openbill Stork (Anastomus lamelligerus)
    bangau African Openbill Stork (Anastomus lamelligerus)
    African Openbill Stork (Anastomus lamelligerus) adalah jenis burung bangau yang banyak ditemukan di Afrika,burung ini memiliki paruh terbuka sama halnya dengan asian openbill Stork, warna bulunya keseluruhan berwarna gelap,kakinya berwarna hitam dengan mata berwarna abu-abu.

Genus Ciconia

  • Bangau hitam, Ndao atau Bangau Sandang-lawe ( Ciconia episcopus)
    Bangau hitam, Ndao atau Bangau Sandang-lawe ( Ciconia episcopus)
    Bangau hitam, Ndao atau Bangau Sandang-lawe ( Ciconia episcopus) adalah jenis burung bangau ini banyak ditemukan di India, Afrika, dan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Ciri-ciri bangau ini adalah memiliki badan berukuran cukup besar dengan panjang tubuh berkisar 86 cm, memiliki bulu hitam di atas kepala seperti mahkota. Bulu leher berwarna putih seperti warna kapas, memiliki sayap dan ekor berwarna hitam berkilau. Dada bergaris dan paha hitam, pada perut bagian bawah dan ekor bagian bawah berwarna putih, kulit muka berwarna abu-abu, memiliki iris mata berwarna coklat, memiliki paruh berwarna hitam dengan bagian ujung berwarna merah serta memiliki kaki berwarna merah buram.
  • Bangau Hutan Rawa, Bangau storm (Ciconia stormi)
    Bangau Hutan Rawa, Bangau storm (Ciconia stormi)
    Bangau Hutan Rawa, Bangau storm (Ciconia stormi) adalah jenis burung bangau yang terancam punah karena jumlahnya di perkirakan hanya sekitar 500 ekor di seluruh dunia. Bangau ini berukuran besar dengan panjang berkisar antara 75-91 cm, warna bulunya didominasi warna hitam dan putih, memiliki warna hitam pada bagian sayap, punggung, mahkota, dan dada, sedangkan berwarna putih pada bagian tenggorokan, tengkuk, perut, dan ekor, memiliki paruh yang panjang agak melengkung ke atas dengan warna merah. Kulit pada bagian muka memiliki warna merah jambu dengan warna kuning di bagian lingkar mata . Serta tungkai dan kaki berwarna merah jambu.
  • Abdim’s Stork (Ciconia abdimii)
    bangau Abdim's Stork (Ciconia abdimii)
    Abdim’s Stork (Ciconia abdimii) adalah jenis bangau yang memiliki warna hitam dengan kaki hitam dengan bagian lutut dan jari berwarna pink/merah pada bagian perut berwarna putih.
  • Maguari Stork (Ciconia maguari)
    bangau Maguari Stork (Ciconia maguari)
    Maguari Stork (Ciconia maguari) adalah jenis bangau yang hidup di lahan basah dan dapat ditemukan di amerika selatan.
  • Oriental White Stork (Ciconia boyciana)
    bangau Oriental White Stork (Ciconia boyciana)
    Oriental White Stork (Ciconia boyciana) adalah jenis bangau yang terancam punah.
  • White Stork (Ciconia ciconia)
    bangau White Stork (Ciconia ciconia)
    White Stork (Ciconia ciconia) adalah jenis bangau yang memiliki bulu berwarna putih dengan warna hitam pada bagian sayap, memiliki kaki panjang dengan warna merah dan paruh merah panjang lurus, ukuran rata-rata bangau ini jika diukur dari paruh ujung ke ujung ekor maka berkisar antara 100-115 cm dengan lebar sayap antara 155-215 cm.
  • Black Stork (Ciconia nigra)
    bangau Black Stork (Ciconia nigra)
    Black Stork (Ciconia nigra) adalah jenis bangau ini memiliki ukuran lebih kecil dibanding white stork. Bangau ini memiliki panjang tubuh berkisar antara 95 sampai 100 cm dengan lebar sayap berkisar antara 145-155 cm, dan memiliki berat sekitar 3 kg. Bangau ini jika berdiri dapat mencapai tinggi 102 cm . Bangau ini memiliki kaki dan leher panjang, dan paruhnya panjang dan lurus. Semua bulunya berwarna hitam dengan kilau hijau keunguan, kecuali bulu dada, perut dan bulu ekor bagian bawah.

Genus Ephippiorhynchus

  • Black-necked Stork (Ephippiorhynchus asiaticus)
    bangau Black-necked Stork (Ephippiorhynchus asiaticus)
    Black-necked Stork (Ephippiorhynchus asiaticus) adalah jenis bangau yang tersebar di India, Asia tenggara, dan Australia. Leher pada bangau ini memiliki warna kebiruan-hitam mengkilap, paruhnya berwarna hitam dengan bulu berwarna putih dan hitam, serta memiliki kaki berwarna merah.
  • Saddle-billed Stork ( Ephippiorhynchus senegalensis)
    bangau Saddle-billed Stork ( Ephippiorhynchus senegalensis)

    Saddle-billed Stork ( Ephippiorhynchus senegalensis) adalah bangau yang memiliki paruh dengan warna unik karena paruh pada bagian pangkal dan ujung berwarna oranye merah, bulu bangau ini memadukan warna putih dan hitam dan memiliki kaki yang panjang.

Genus Jabiru

  • Jabiru (Jabiru mycteria)
    bangau Jabiru (Jabiru mycteria)
    Jabiru (Jabiru mycteria) adalah bangau yang berhabitat di hutan hujan amerika tengah dan amerika selatan. Bangau ini memiliki paruh berwarna hitam, bulu badannya berwarna putih bersih, serta memiliki leher menggelembung berwarna hitam dan merah di bagian bawahnya.

Genus Leptoptilos

  • Bangau Tong-tong atau Jenggot Solah (Leptoptilos javanicus)
    bangau tong-tong(Leptoptilos javanicus)
    Bangau Tong-tong atau Jenggot Solah (Leptoptilos javanicus) adalah jenis bangau yang tersebar dari india timur hingga pulau jawa, Indonesia. Tubuh bagian atas dan sayap memiliki warna hitam, pada bagian perut, kalung leher dan ekor bagian bawah memiliki warna putih, memiliki kepala dan leher botak dengan bulu kapas putih halus pada bagian atas kepala sehingga seperti mahkota, memiliki paruh panjang dan tebal berwarna pucat. Bulu pada burung muda memiliki warna lebih kusam daripada burung dewasa. Bangau jenis ini memangsa ikan, kodok, kadal, serangga besar, dan invertebrata lainnya.
  • Greater Adjutant ( Leptoptilos dubius)
    bangau Greater Adjutant ( Leptoptilos dubius)
    Bangau ini memiliki keunikan yaitu pada musim kawin kantong dan leher menjadi oranye terang dan paha atas dari kaki abu-abu berubah kemerahan. Bangau ini memiliki sayap gelap yang kontras dengan bulu abu-abu terang. Bulu pada bagian bawah tubuh berwarna putih.
  • Marabou Stork (Leptoptilos crumeniferus)
    bangau Marabou Stork (Leptoptilos crumeniferus)
    Marabou Stork (Leptoptilos crumeniferus) adalah jenis bangau yang memiliki kantung besar di tenggorokannya berwarna merah muda, memiliki kaki dan sayap berwarna hitam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Bangau – Klasifikasi dan Penjelasan Tentang Jenis-Jenis Burung Bangau“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Baca Artikel Lainnya:

[/su_spoiler