Perbedaan Antara Anjing dan Serigala Secara Mendasar

Posted on

Apakah perbedaan anjing dan serigala? sedangkan mereka memiliki rupa yang mirip malah cenderung sama. Bentuk dan rupa mereka memang sama namun tak sama, karena mereka memang saudara bersepupu jauh. Meskipun mereka bersaudara, anjing dan serigala tetpa dua hewan yang bebeda. Mari simak ulasan dibwah ini yang akan membahas perbedaan anjing dan serigala.

anjing jinak  serigala berkelompok

Perbedaan yang paling mendasar antara kedua hewan ini adalah kejinakkannya. Anjing termasuk hewan yang dapat dijinakkan, sedangkan serigala adalah hewan liar. Meskipun anjing merupakan mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun lalu atau mungkin sejak 100.000 tahun lalu yang berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.

Anjing dapat menjadi teman yang ramah untuk manusia sesuai dengan cara perawatan yang diberikan oleh pemiliknya. Hal tersebut sangat berbeda dengan serigala, Serigala adalah heewan liar yang memiliki insting berburu, menyerang dan sangat buas. Hewan ini tidak memungkinkan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa serigala memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan anjing. Dapat dikatakan jika serigala lebih pintar dan cerdas dibandingkan dengan anjing. Berdasarkan eksperimen oleh Dr.Harry Frank menunjukkan bahwa serigala mampu memutar gagang pintu sedangkan tidak dengan anjing. Jika demikian, mengapa anjing dapat dilatih untuk dijinakkan sementara tidak dengan serigala? Yap.. sedikit kita jelaskan. Seriga memiliki otak lebih besar dibandingkan anjing, namun serigala tidak memiliki insting yang digunakan untuk dapat hidup berdampingan dnegan manusia, sedangkan anjing memilikinya. Oleh karena itulah anjing lebih mudah untuk dijinakkan.

Ukuran fisik serigala lebih besar dibandingkan dengan besar rata-rata anjing. Ukuran serigala memiliki berat sekitar 13-78KG tergantung dari spesiesnya. Serigala memiliki badan besar yang mendukung mereka dijadikan sebagai hewan pemburu. Meskipun memiliki badan besar tubuh serigala ramping dan gagah. Moncong yang dimiliki serigala lebih panjang dibandingkan dengan yang dimiliki oleh anjing. Memiliki taring yang lebih tajam dibandingakan dengan gigi taring yang dimiliki anjing. Serigala memiliki geraham yang kuat agar mampu mengunyah daging dan tulang, memiliki kaki yang ramping da panjang. Telapak kaki 2 kali lebih besar dengan anjing. Anjing menggonggong sedangkan serigala melolong.

Serigala hidup berkelompok dan sangat erat sampai samapi mereka memiliki pre-caudal gland di ekornya yang berfungsi melepaskan feromon keserigala lain untuk menandakan bahwa serigala tersebut adalah bagian dari kelompokknya. Namun mereka menolak jika ada hewan lain yang ikut dalam kelompokknya. Karena mereka memiliki sifat pemburu maka mereka memiliki insting curiga yang sangat tinggi. Berbeda dengan anjing yang hidup sendiri-sendiri dan terpisah, tetapi mereka dapat dengan mudah berinteraksi dengan hewan selain jenisnya. Mereka dapat dijinakkan oelh karena itu kita sering melihat anjing berinteraksi dengan hewan lain, seperti anjing bermain dengan anjing dan lainnya.

golden river

Klasifikasi Ilmiah Anjing

Kerajaan: Animalia
Upakerajaan: Eumetazoa
Filum: Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas: Mammalia
Upakelas: Theria
Ordo: Carnivora
Upaordo: Caniformia
Famili: Canidae
Upafamili: Caninae
Genus: Canis
Spesies: C. lupus
Upaspesies: C. l. familiaris dan C. l. dingo

serigala

Klasifikasi Ilmiah Serigala

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Canidae
Genus: Canis
Spesies: C. lupus

Itulah beberapa Perbedaan Antara Anjing dan Serigala . Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat , terimakasih telah berkunjung ke Fauna dan Flora.Com

Leave a Reply