Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Golden Black Molly Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Golden Black Molly Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan Molly (Poecilia sphenops) adalah jenis ikan hias kecil yang berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan jenis ini termasuk dalam jenis hewan omnivora. Memiliki ukuran tubuh yang relatif cukup besar dengan ukuran maksimal sekitar 12 cm. Di habitat aslinya, molly hidup pada suhu perairan 25-28° Celcius dengan pH sekitar 8. Salah satu jenis ikan molly adalah ikan black molly. Harga ikan black molly berkisar antara Rp 5.000 per 3-5 ekor saja.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Hias Molly

Cara Budidaya Ikan Golden Black Molly Bagi Pemula

Pemilihan Indukan Ikan Golden Black Molly

Pilih indukan ikan golden black molly yang sudah siap untuk dikawinkan dan dipijah, ciri-cirinya yaitu setidaknya berumur minimal 4 bulan, warnanya cerah, aktif dalam bergerak, kondisinya sehat, dan normal pada tubuhnya.

Cara membedakan ikan golden black jantan dan betina mudah. Ikan golden black molly jantan memiliki kepala yang lebih besar, badan lebih yang lebih ramping, warna lebih cerah, serta bagian sirip punggung lebih panjang daripada ikan golden black molly betina. Selain itu, ikan jantan juga memiliki gonopodium, lalu sediakan indukan ikan jantan dan ikan betina dengan perbandingan 1:3 hingga 1:5 dalam satu tempat.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Butterfly Fish

Persiapan Tempat Pemeliharaan Ikan Golden Black Molly

Selain menggunakan akuarium, memelihara ikan golden bisa dilakukan di kolam plastik, toples, atau kolam beton. Siapkan beberapa wadah dengan kegunaan masing-masing, usahakan agar wadah yang digunakan untuk pendederan burayak ikan golden black molly berukuran besar. Sedangkan untuk melakukan pemijahan wadah untuk ikan indukan tidak perlu terlalu luas agar semua ikan yang sedang dijodohkan sering berjumpa, kemudian masukkan beberapa tanaman air ke dalam wadah tadi sebagai pelindung dan daerah tempat persembunyian bagi si ikan.

Gunakan air tawar sebagai media pemeliharaan ikan golden black molly, hindari memakai air PAM jika ada kandungan kaporit di dalamnya, disarankan gunakan air sumur atau air sungai. Sebelum ikan dimasukkan ke dalam akuarium, air ini perlu didiamkan selama seharian penuh atau 24 jam agar partikel kotoran di dalamnya dapat mengendap, hal ini bertujuan untuk mendukung kesehatan ikan, masukan garam sebanyak 1 sendok makan per 8 liter air ke dalam akuarium.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Congo Tetra

Cara Memijahkan Indukan Ikan Golden Black Molly

Ikan golden black molly yang telah memenuhi syarat kriteria sebagai indukan yang siap untuk di kawinkan segera pindahkan dari tangki perawatan kedalam tangki pemijahan yang tadi sudah kalian siapkan.

Proses pemijahan bisa dilakukan secara berdikari ataupun massal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, ikan jantan yang merasa tertarik dengan ikan betina incarannya akan lebih cepat dalam mengejar ikan betina dan di tandai dengan ikan yang saling berdempetan. Dalam kurun waktu beberapa menit saja, ikan betina akan bertelur dan ikan tersebut seharusnya dibuahi oleh ikan jantan, proses pemijahan setidaknya akan berlangsung selama 4-7 hari.

Waktu kehamilan pada ikan golden berkisar antara 3-4 minggu atau kurang lebih sekitar 1 bulan, dalam sekali proses melahirkan, ikan ini sanggup mengeluarkan larva ikan dalam jumlah mencapai 5-30 ekor.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik

Burayak ikan yang sudah lahir harus segera kalian pindahkan ke kolam pendederan yang lebih besar karena jika tidak segera dipindahkan makan burayak tersebut bisa dimakan oleh indukan ikan yang lain. Untuk mencegah itu, setidaknya pasang kawat ram secara horizontal persis di tengah kolam, dengan begitu setidaknya burayak sanggup melindungi dirinya dengan berenang ke bawah kolam sehingga tidak akan dikejar oleh ikan indukan yang lain.

Pemberian Pakan Ikan Golden Black Molly

Palam yang diberikan ke ikan golden black molly dapat berupa peet yang lebih halus atau cacing sutra untuk diberikan pada burayak tersebut, bisa juga diberikan vitamin ke dalam air agar lingkungan ikan-ikan kecil tersebut lebih steil. Untuk ikan golden black molly dewasa hanya perlu memisahkannya kembali ke tempat masing-masing setelah dipijah, dan berikan makanan seperti biasanya saja.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Ramirezi

Perawatan Burayak Ikan Golden Black Molly

Burayak ikan yang baru saja lahir tidak membutuhkan pakan karena masih memiliki cadangan makan di dalam tubuhnya. Ikan bisa diberi makanan tambahan pada hari ke- 3 atau ke-4, bisa juga memberinya pakan berupa kutu air atau kuning telur rebus. Berikan tempat yang bersih untuk burayak-burayak tersebut, usahakan agar air bersih untuk menghindarkan burayak dari bakteri yang dapat membuat mereka terkena penyakit.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya ikan golden black molly agar berhasil bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa