Panduan Lengkap Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu atau Asli Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu atau Asli Bagi Pemula – Jalak adalah salah satu jenis burung kicau yang berasal dari suku Sturnidae. Burung jalak memiliki ukuran sedang yaitu sekitar 20-25 cm, memiliki paruh kuat, lurus dan tajam, memiliki perawakan yang gagah,memiliki kaki yang sebanding dengan ukuran tubuhnya, memiliki suara yang keras serta ribut dan terkadang menirukan suara burung lain.

Baca Juga : Jenis-Jenis Burung Jalak

Burung jalak tinggal di lubang pohon apabila di alam bebas. Burung Jalak sangat aktif bergerak dan berkicau serta mudah dijinakkan. Oleh karena itu, para pecinta burung senang memelihara burung jenis ini untuk hewan peliharaan. Makanan burung jalak antara lain kroto, buah, voer, serangga kecil dan lain-lain.

Klasifikasi ilmiah jalak
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Upaordo: Passeri
Famili: Sturnidae

Terdapat sekitar 25 spesies burung jalak di seluruh Indonesia, diantaranya Jalak Bali (Leucopsar rothschildi); Jalak Suren (Sturnus contra); Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus); Jalak Nias (Acridotheres tristis); Jalak Putih (Acridotheres Melanopterus); Jalak Thailand (Sturnus Nigricollis) dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Beternak Jalak Suren

Adanya praktik penipuan dalam penjualan burung kicau tidak hanya terjadi dalam penjualan dunia online saja. Akan tetapi sekarang juga kembali marak terjadi bermacam praktik penyemiran dalam penjualan burung kicauan, khususnya oleh oknum pedagang yang berada di pasar burung.

Beberapa waktu lalu ada kabar tentang beredarnya burung hewan burung jalak putih palsu atau hanya hasil semiran di beberapa daerah. Dengan begini, para pembeli yang kurang teliti dalam membeli akan tertipu,ternyata burung yang dibeli adalah burung hewan burung jalak putih palsu. Para pecinta burung kicau yang tertarik dengan burung jalak putih tanpa ragu akan segera membeli burung tersebut. Namun, setelah dirawat beberapa hari, baru pembeli tau jika burung tersebut adalah jalak nias yang bulunya sudah diwarnai dengan warna putih.

Salah satu tips untuk menghindari penipuan tersebut yaitu dengan belajar mengenali karakter dari masing-masing burung kicauan yang popular tersebut. Langkah paling sederhana dalam mengenal karakternya yaitu melakukan pengamatan yang lebih cermat lagi. Berikut ini tips cara mengetahui jalak putih palsu, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Cara Ternak Jalak Kebo/Jalak Hitam

Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu atau Asli Bagi Pemula

Berikut ini ciri-ciri burung jalak putih, diantaranya yaitu:

1. Hampir di seluruh bagian tubuhnya memiliki warna putih bersih sehingga tampak sangat cantik.

2. Pada bagian paruh kulit yang ada di sekitar mata, dan kaki memiliki warna kuning gading.

3. Bagian kepala, bagian tenggorokan, bagian perut dan juga bawah ekor memiliki warna yang putih terang.

4. Warna hitam hanya bisa dijumpai di bagian tengah sayap sampai bagian ujung sayap saja.

Baca Juga : Cara Ternak Budidaya Jalak Bali

5. Tak hanya itu, pada bagian tengah punggung hingga bagian ekor.

6. Jika pada saat hewan burung jalak putih ini sayapnya sedang dalam keadaan yang tertutup, maka biasanya akan tampak warna putih di bagian ujung sayap yang menempel pada pangkal ekor.

7. Burung jalak putih memiliki ukuran tubuh yang bisa dikatakan sedang yaitu memiliki ukuran sekitar 20-25 cm. Jenis hewan burung jalak putih ini memang terlihat sangat gagah.

8. Paruh burung jalak putih sangat kuat, tajam dan juga tangguh. Kaki burung jalak putih begitu panjang dan sebanding dengan tubuhnya.

9. Kualitas suara burung jalak putih jantan merupakan jenis burung yang sangat pandai menirukan suara dari jenis burung lain.

10. Membedakan ciri khas dari burung jalak putih jantan dan betina memang tidak mudah. Walaupun begitu, keduanya memiliki karakteristik yang bisa dijadikan pedoman dalam pembedanya.

Hewan burung jalak putih jantan yang sudah berusia 2-3 bulan memiliki tubuh yang lebih besar, kepala yang lebih besar, dan juga postur tubuh yang lebih panjang juga tegak jika dibandingkan dengan burung betinanya. Sedangkan, untuk segi suaranya, jika burung jalak putih jantan dipegang maka akan mengeluarkan bunyi “kek”, sedangkan burung jalak putih yang betina jika dipegang akan mengeluarkan bunyi “kik”. Selain itu, daerah yang ada di sekitar mata hewan burung jalak putih jantan akan terlihat berwarna lebih kuning jika dibandingkan dengan betinanya.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Jalak Kapas

Pada waktu diloloh, mulut burung jalak putih jantan juga terlihat lebih lebar dan juga memiliki warna lebih terlihat kuning. Membedakan jenis kelamin burung jalak putih memang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya untuk melanjutkan pada proses perawatannya agar bisa cepat gacor. Karena, suara hewan burung jalak putih jantan terdengar lebih merdu dan indah jika dibandingkan suara burung jalak putih yang betina, suara burung jalak putih yang jantan lebih terdengar ribut dan juga lebih nyaring.

Memberi Makan Burung Jalak Putih

Berikan burung jalak putih pakan bergizi, pakan yang diberikan bisa berupa serangga, biji-bijian dan juga buah-buahan. Selain itu, bisa juga diberi pakan berupa voer, jangkrik dan juga kroto dan tidak lupa diberi buah-buahan serta biji bijian seperti halnya buah pisang dan buah pepaya.

Jika akan memelihara indukan burung burung jalak putih maka harus diberikan pakan ekstra, seperti halnya jangkrik sebanyak 20 ekor pada tiap hari dan juga beberapa pakanan tambahan yang lain yang tentunya dapat diberikan dalam waktu 3 hari sekali.

Apabila burung jalak jenis sudah biasa pakan kroto, umumnya burung indukan burung jalak putih cukup diberikan dengan 4 sendok pakan kroto pada tiap hari atau 3x dalam waktu seminggu.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Jalak Nias

Perawatan Burung Jalak Putih Sehari-hari

Untuk memberikan kenyamanan bagi burung sebaiknya tempatkan burung jalak putih tersebut di kandang dengan ukuran yang cukup besar agar bisa terbang dengan lincah dan tidak stress. Selain itu, bisa juga menambahkan beberapa ranting pohon atau pohon kecil dalam kandang tersebut untuk memberikan kesan alam liar. Jangan lupa berikan tempat air untuk minum dan juga mandi bagi burung tersebut. Jika ditujukan untuk dibudidayakan, sebaiknya sediakan kotak tambahan dengan ukuran minimal 30x30x40 di dalam kandang.

Baca Juga : Cara Ternak Budidaya Burung Mozambik

Cara Menjodohkan Burung Jalak Putih

Proses penjohohan tidak boleh sembarang dilakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti faktor usia minimal 1,5 tahun untuk jantan dan 1 tahun pada betina. Langkah pertama, dekatkan kedua sangkar antara betina dan jantan untuk melihat respon, setelah dirasa cocok baru gabungkan menjadi satu dalam sangkar dan biarkan selama beberapa hari.

Baca Juga : Cara Ternak Budidaya Burung Murai Ekor Panjang

Demikian artikel pembahasan tentang cara mengetahui burung jalak putih palsu atau asli bagi pemula agar tidak tertipu, semoga bermanfaat.