Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Tledekan Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Tledekan/Sikatan/Sulingan Bagi Pemula Agar Sukses – Tledekan adalah salah satu jenis burung kecil dari keluarga Muscicapidae dan genus Cyornis. Nama lain burung tledekan yaitu burung sikatan atau burung sulingan.

Burung tledekan ini memiliki panjang tubuh sekitar 8-10 cm , memiliki warna bulu yang indah serta memiliki kicauan yang gacor. Wilayah penyebaran burung tledekan ini diantaranya yaitu Nepal, India, Bhutan, Thailand, Kamboja, Cina Barat Daya dan Indonesia. Burung ini dapat ditemukan di daerah tropis seperti hutan lebat dengan sungai yang mengalir disekitarnya. Biasanya dialam liar, makanan burung tledekan yaitu ulat, capung dan buah-buahan.

Ada banyak jenis burung tledekan diantaranya tledekan kembang, tledekan seledang biru, tledekan laut, tledekan bakau, tledekan gunung dan lain sebagainya.

Cara Ternak Budidaya Burung Tledekan Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Burung Tledekan

Kandang yang perlu disiapkan untuk melakukan budidaya burung tledekan ini sebaiknya berukuran 1,5 m x 1,5 m x 2 m atau bisa disesuaikan dengan jumlah burung tledekan yang akan diternak.

Kandang tersebut dapat dibuat dari bahan kawat. Dalam kandang diberi wadah pakan juga wadah minum, selain itu juga perlu disiapkan kotak sarang untuk bertelur dan mengerami telur. Kotak sarang tersebut setidaknya berukuran sekitar 30 cm sesuai dengan ukuran tubuh tledekan. Setelah kotak sarang jadi maka beri sarang yang bisa dibuat dari jerami kering atau dedaunan kering.

Pemilihan Indukan Burung Tledekan

Pilih indukan burung tledekan jantan dan betina yang berkualitas dengan kondisi sehat, tidak cacat, memiliki suara yabg bagus, bulu yang bagus, dan memiliki birahi yang bagus. Selain itu, burung tledekan telah cukup umur yaitu 1-2 tahun untuk tlendekan jantan dan sekitar 1 tahun untuk tlendekan betina.

Proses Penjodohan Burung Tledekan

Setelah kedua indukan siap, selanjutnya jodohkan indukan jantan dan betina burung tledekan dengan cara menempatkan burung tledekan jantan dan betina pada sangkar yang berbeda lalu dekatkan kedua sangkar tersebut. Selama perjodohan indukan diberi pakan voer.

Burung yang sudah berjodoh maka akan ditandai dengan saling mendekat satu sama lain . Jika sudah begitu, satujkan indukan dalam satu sangkar agara burung melakukan perkawinan.

Bertelur dan Pengeraman Telur

Setelah kawin, maka indukan betina burung tledekan akan segera bertelur. Biasanya dalam sekali bertelur, burung tledekan dapat menghasilkan 4-6 butir telur. Telur-telur tersebut kemudian akan dierami selama 12-14 hari.

Perawatan Anakan Burung Tledekan

Setelah telur menetas, biarkan anakan atau piyik burung tledekan dirawat oleh indukannya selama sekitar 2 minggu. Setelah itu bisa dipindahkan ke sangkar lain dan agar suhu hangat sangkar diberi bohlam 5 watt.

Pakan yang dapat diberikan pada anakan burung tledekan yaitu campuran voer dan kroto yang dilembutkan dengan air hangat lalu dilolohkan ke anakan. Pemberian pakan seperti tersebut akan berlangsung selama 25 hari atau sekitar 1 bulan, setelah itu baru anakan bisa memakan makanannya sendiri.

Makanan Burung Tledekan

Agar burung tledekan gacor maka pakan yang diberikan bisa berupa jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah, ulat jerman, voer, ulat bambu, egg food dan juga buah buahan.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Tledekan Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post