Panduan Lengkap Cara Menjinakkan Burung Hantu Bagi Pemula Agar Berhasil

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menjinakkan Burung Hantu Bagi Pemula Agar Berhasil – Burung Hantu adalah salah satu jenis burung yang berasal dari ordo Strigiformes. Burung hantu merupakan hewan nokturnal atau aktif pada malam hari. Terdapat sekitar 222 spesies burung hantu yang telah di ketahui di dunia. Burung hantu juga termasuk daam hewan karnivora atau pemakan daging.

Baca Juga : Jenis-Jenis Burung Hantu

Ciri burung hantu diantaranya memiliki bulu umum yaitu burik, abu-abu, atau kecokelatan dengan bercak hitam atau putih, memiliki mata yang besar dan tajam serta menghadap ke depan, memiliki ekor pendek, memiliki sayap yang besar dan lebar sekitar 3 x lipat ukuran tubuhnya, memiliki paruh bengkok yang tajam seperti paruh pada burung elang, serta memiliki leher yang bisa memutarkan kepalanya hingga 180°.

Biasanya, burung hantu tinggal pada sarang yang dibuat pada lubang-lubang pohon ataupun pada pelepah pohon palem. Makanan burung ini diantaranya serangga, tikus, kodok dan lain-lain.

Klasifikasi Ilmiah Burung Hantu
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Strigiformes

Baca Juga : Cara Ternak Burung Anis Cendana

Ada beberapa jenis burung hantu yang ada di Indonesia diantaranya Wowo-Wiwi (Phodilus badius), Burung Hantu Tito Alba (Serak Jawa), Celepuk (Otus bakkamoena), Celepuk Merah (Otus rufescens), Celepuk Gunung (Otus angelinae), Celepuk Rajah (Otus brookei), Celepuk Reban (Otus lempiji), Hingkik (Bubo sumatranus), Beluk watu Jawa (Glaucidium castanopterum), Bloketupu, Seloputo (Strix seloputo), Punggok Coklat (Ninox scutulata) , Beluk Telinga Pendek (Asio flammeus) dan Koko Beluk (Strix leptogrammica).

Jika kalian ingin memelihara burung hantu di rumah, maka kalian harus bisa menjinakkan burung hantu tersebut. Berikut cara menjinakkan burung hantu bagi pemula.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Opior Jawa

Cara Menjinakkan Burung Hantu Bagi Pemula

Jangan Tempatkan Dalam Sangkar Sempit

Burung hantu sangat menyukai tempat yang luas serta lapang sehingga mereka leluasa bergerak berdasarkan moodnya. Jika mereka merasa stress, mereka mau makan. Kalian bisa meletakkan mereka di tenggeran burung, tapi ingat, kalian hanya perlu memberi mereka tali pada kakinya sehingga mereka bisa berada serta menghirup udara bebas.

Letakan Kandang di Tempat Teduh

Karena burung hantu merupakan salah satu binatang yang hidup pada malam hari maka sebaiknya jangan menaruh kandang mereka di tempat yang bisa terkena matahari. Letakkan kandang atau burung hantu ditempat yang teduh. Selain itu, pada malam hari lebih baik untuk mematikan lampu, mengingat burung hantu memiliki pandangan yang bagus pada malam hari. Meskipun burung hantu hanya bermodalkan cahaya bulan saja.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Tengkek Buto

Beri Pakan Secukupnya

Khusus burung hantu yang masih berusia muda atau dengan umur sekitar 3 bulan, kalian bisa memberikan mereka 7 ekor jangkrik setiap hari sebanyak dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. Jika kalian merasa tidak berani dan takut jika digigit oleh paruh burung hantu yang tajam saat melolohnya, kalian bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menusuk jangkrik ke ujung lidi panjang, lalu berikan secara langsung ke mulut burung hantu peliharaan kalian.

Jaga Keakraban

Burung hantu merupakan jenis burung yang akan mengikuti pergerakan mangsanya. Hal ini yang membuat burung ini bisa memutarkan kepalanya hingga 180 derajat. Burung hantu juga terkenal dengan bola matanya yang tajam serta bisa melihat apa yang terletak didepannya, bisa dikatakan bola mata burung hantu mirip dengan posisi bola mata pada manusia.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Tledekan

Berinteraksi

Kalian harus berusaha untuk terus terbiasa berinteraksi dengan mereka dengan cara menatap matanya. Kalian bisa mengajak burung hantu berinteraksi dengan menatap matanya setiap pagi dan sore hari. Untuk mendekatkan diri pada burung hantu peliharaan kalian. Burung hantu merupakan salah satu hewan yang setia pada pasangannya dan juga salah satu hewan yang lebih mudah diatur serta menurut.

Jaga Kebersihan kandang

Burung hantu tidak memiliki gigi, mereka akan mencabik-cabik terlebih dahulu makanannya dengan menggunakan paruhnya. Selanjutnya menelan makanan tersebut dalam bentuk potongan kecil. Sedangkan bagian yang tidak bisa mereka cerna seperti bulu dan tulang akan mereka muntahkan kembali dari mulutnya. Sehingga, hal ini yang membuat kalian harus rutin untuk menjaga kebersihan kandang setiap hari dan burung hantu tidak akan terkena penyakit akibat sisa makanan yang membusuk serta bercampur bersama kotoran burung hantu. Untuk membersihkan kandang, hanya perlu menggunakan air. Selain itu, selalu cuci tempat minum dan juga mengganti air minumnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong

Memandikan Burung Hantu

Agar burung hantu tidak mudah stress, kalian bisa memandikan burung hantu dengan cara menyemprotkan air ke badannya menggunakan semprotan burung. Hal tersebut tidak perlu setiap hari, kalian bisa melakukannya seminggu sekali. Setelah dimandikan jemur burung hantu di sinar matahari pagi.

Melatih Burung Hantu Menjadi Jinak

Trik utama untuk menjinakkan burung hantu yaitu dengan membiarkan mereka melihat kalian tertidur. Dengan melakukan hal ini akan membuat psikologis burung hantu menjadi percaya jika kalian tidak akan menyakiti mereka.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Merpati Kipas

Memberikan Jangkrik

Untuk menjinakkan burung hantu bisa dengan cara melatih burung hantu menggunakan jangkrik menggunakan tangan. Ketika kalian memberikannya, jangan lupa untuk menatap mata burung. Kalian juga bisa memberikannya sambil mengajak burung hantu mengobrol hingga mereka merasa tidak ketakutan. Lama kelamaan, burung hantu akan terbiasa dengan kehadiran kalian.

Melatih Burung Hantu di Tempat Ketinggian

Cara menjinakkan burung hantu bisa dengan meletakkan burung hantu pada tempat ketinggian. Kemudian kalian bisa menaruh jangkrik diatas tangan kalian dan biarkan burung hantu melompat ke tangan kalian untuk mengambil jangkrik. Ketika melatihnya dengan cara ini, kalian harus sabar dan juga melakukannya berulang hingga burung hantu menaruh kepercayaannya kepada kalian sebagai pemilik serta berubah menjadi jinak.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Kepondang

Memberi Nama Pada Burung Hantu

Memberi nama untuk burung hantu peliharaan kalian sangat dianjurkan. Karena kalian akan bisa menjalin komunikasi yang akrab dengan hewan peliharaan. Selain itu kalian bisa melatih mereka dengan nama yang sudah kalian berikan. Kalian bisa melatih burung hantu mendekati kalian apabila dipanggil namanya.

Melatih dengan Siulan

Meski burung hantu berbeda dengan burung lainnya, tapi tidak masalah jika kalian melatihnya dengan siulan. Kalian bisa memberikan siulan dan juga memancingnya dengan menggunakan jangkrik.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Prenjak Kepala Merah

Demikian pembahasan tentang cara menjinakkan burung hantu bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.